Senin, 23 Mei 2011

leukemia

Pengertian Kanker sel darah putih ( leukemia )
Kanker sel darah putih adalah kanker yang terjadi pada sel darah putih ( leukosit ). Kanker sel darah putih disebut juga leukemia. Sel darah putih ( leukosit ) atau leukemia adalah salah satu jenis sel darah yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan infeksi jamur, virus, parasit dan bakteri. Namun pada penderita kanker sel darah putih, sumsum tulang menghasilkan sejumlah besar sel darah putih yang abnormal yang tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab kanker sel darah putih
Para ilmuwan dan dokter masih belum menemukan penyebab pasti dari kanker sel darah putih, diduga penyebab kanker sel darah putih adalah kombinasi faktor lingkungan dan genetik.
Faktor resiko kanker sel darah putih
Berikut faktor – faktor yang meningkatkan resiko menderita kanker sel darah putih yaitu :
  1. Mendapat pengobatan kanker sebelumnya. Orang yang telah mendapat pengobatan kemoterapi dan radio terapi untuk pengobatan kanker tertentu sangat beresiko menderita kanker sel darah putih.
  2. Penyakit keturunan. Genetik yang abnormal memainkan peranan yang penting dalam perkembangan kanker sel darah putih. Penyakit keturunan tertentu seperti down syndrome meningkatkan resiko kanker sel darah putih.
  3. Kelainan darah tertentu. Orang yang menderita kelainan darah tertentu seperti myelodysplastic syndromes, mungkin meningkatkan resiko kanker sel darah putih.
  4. Terkena paparan radiasi tingkat tinggi. Orang yang terkena radiasi tingkat tinggi seperti kecelakaan reaktor nuklir dapat meningkatkan resiko terkena kanker sel darah putih.
  5. Terkena paparan bahan kimia tertentu. Paparan bahan kimia tertentu seperti benzene sangat beresiko menderita kanker sel darah putih
  6. Merokok. Merokok sangat beresiko menderita acute myelogenous kanker sel darah putih (AML).
  7. Riwayat menderita kanker sel darah putih dalam keluarga. Jika salah satu anggota keluarga menderita kanker sel darah putih, maka anggota keluarga yang lain beresiko menderita kanker sel darah putih.
Jenis dan tipe kanker sel darah putih
Jenis pertama dari klasifikasi kanker sel darah putih adalah dengan seberapa cepat kanker sel darah putih berlangsung, yaitu kanker sel darah putih akut dan kanker sel darah putih kronis :
  1. kanker sel darah putih akut ( leukemia akut ). Pada kanker sel darah putih akut, sel-sel darah abnormal yang belum matang berkembang biak dengan cepat sehingga jumlahnya sangat banyak. Jumlah sel darah abnormal yang banyak dan tidak bisa berfungsi dengan baik dan bersifat agresif menyebabkan efek buruk bagi penderita.
  2. kanker sel darah putih kronis (leukemia kronis ). Perkembangan kanker sel darah putih kronis bersifat lambat bahkan berlangsung bertahun – tahun tanpa gejala. Sel – sel darah putih abnormal berkembang dengan lambat dan awalnya berkembang berfungsi normal untuk jangka waktu tertentu
Jenis-jenis utama kanker sel darah putih adalah :
  1. Acute lymphocytic leukemia (ALL). Ini adalah tipe jenis kanker sel darah putih yang banyak terjadi pada anak –anak namun dapat terjadi juga pada orang dewasa.
  2. Acute myelogenous leukemia (AML). AML adalah jenis yang paling umum terjadi pada anak – anak maupun orang dewasa.
  3. Chronic lymphocytic leukemia (CLL). CLL adalah kanker sel darah putih yang paling umum terjadi pada orang dewasa dan penderita umumnya merasa sehat walaupun tanpa pengobatan. CLL jarang terjadi pada anak – anak.
  4. Chronic myelogenous leukemia (CML). kanker sel darah putih jenis ini terutama mempengaruhi orang dewasa . Seseorang dengan CML mungkin memiliki sedikit atau tidak ada gejala selama berbulan-bulan atau tahun sebelum memasuki fase di mana sel-sel kanker sel darah putih tumbuh lebih cepat.
Gejala dan tanda kanker sel darah putih
Gejala dan tanda kanker sel darah putih, tergantung pada jenis kanker sel darah putih. Tanda-tanda dan gejala kanker sel darah putih meliputi :
  1. Demam atau merasa menggigil
  2. Kelelahan dan kelemahan terus menerus
  3. Sering mengalami infeksi
  4. Kehilangan berat badan tanpa latihan atau olahraga
  5. kelenjar getah bening yang membengkak, hati atau limpa membesar
  6. Mudah terjadi perdarahan atau memar
  7. Bintik-bintik kecil merah di kulit ( petechiae )
  8. berkeringat berlebihan, terutama pada malam hari
  9. rasa sakit atau nyeri tulang
Diagnosa kanker sel darah putih
Untuk mendignosa kanker sel darah putih diperlukan beberapa tes yaitu :
  1. Pemeriksaan Fisik. Dokter mencari tanda-tanda fisik kanker sel darah putih seperti kulit pucat karena anemia dan pembengkakan kelenjar getah bening, hati dan limpa .
  2. Pemeriksaan darah. Dengan melihat contoh darah, dokter akan menentukan tingkat abnormal dari sel darah putih atau limfosit.
  3. Pemeriksaan sumsum tulang (biopsi). Dokter akan merekomendasikan untuk mengambil sampel sumsum tulang dari tulang pinggul. Sampel dikirim ke laboratorium untuk mencari sel-sel kanker sel darah putih.
Terapi dan obat obatan kanker sel darah putih
Pengobatan kanker sel darah putih tergantung dari berbagai macam faktor. Pengobatan kanker sel darah putih berdasarkan umur dan kondisi kesehatan secara keseluruhan serta jenis kanker sel darah putih. Terapi dan obat – obatan kanker sel darah putih termasuk :
  1. Kemoterapy. Kemoterapy merupakan pengobatan utama untuk kanker sel darah putih. Kemoterapi menggunakan bahan kimia untuk membunuh sel – sel kanker sel darah putih. Obat kemoterapy dapat tunggal atau kombinasi.
  2. Terapi biology. Terapi biologi membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel – sel kanker sel darah putih.
  3. Radio terapy. Radio terapi menggunakan sinar X atau energy tingkat tinggi untuk sel – sel kanker sel darah putih dan menghambat pertumbuhan sel – se kanker sel darah putih.
  4. Transplantasi sel induk. Prosedur ini menggunakan prinsip mengganti sumsum tulang yang rusak dengan sumsum tulang yang sehat.
Obat tradisional – herbal kanker sel darah putih
Obat tradisional atau herbal untuk kanker sel darah putih adalah keladi tikus, mahkota dewa, temu putih, jus kulit manggis dan jus mengkudu. Kelima jenis herbal tersebut merupakan herbal asli indonesia yang sangat terkenal dalam membasmi segala jenis kanker termasuk kanker sel darah putih. Kelima jenis herbal tersebut dalam pemakaiannya dapat dikombinasikan maupun tunggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar